Tips Atasi Sakit Akibat Teknologi

PERKEMBANGAN teknologi, menurut juru bicara American Physical Therapy Association Patrice Winter, bisa menimbulkan rasa sakit di leher, ibu jari dan punggung. Berikut beberapa penyakit modern yang paling umum dijumpai dan cara mengatasinya.

Blackberry thumb
Menulis email dengan ibu jari bisa memicu mati rasa, rasa sakit dan keletihan.

Tips: Sebanyak beberapa kali dalam sehari, cobalah membuka tangan Anda selebar mungkin, rentangkan semua jari-jari dan kemudian tutup hingga membentuk tinju atau kepalan tangan.

Laptop back
Melihat ke bawah ke arah layar laptop membuat kepala Anda condong ke depan. Posisi ini memberikan tekanan pada cervical spine bagian atas (di mana leher menyatu ke dalam tulang tengkorak) dan cervical spine bagian bawah (di mana bahu bertemu dengan leher). Anda akan merasakan ketegangan dan rasa sakit di bagian atas punggung, leher dan bahu.

Tips: Setiap 20 menit, berdiri dan bergeraklah ke sekeliling. Saat duduk, jaga agar kedua kaki tidak menyilang dengan beberapa beban tubuh di telapak kaki (seolah-olah kedua telapak kaki menjadi penyangga bersamaan dengan kursi). Menyilangkan kaki akan menciptakan dukungan sempit yang tidak seimbang. Posisi ini memaksa badan bekerja lebih keras agar tetap seimbang.

Shoulder-phone crunch
Memegang ponsel (atau setiap telepon) di antara leher dan bahu akan menyakiti saraf, ligamen dan otot-otot. Hal ini akan memicu kekakuan di leher yang selanjutnya akan menyebar ke lengan.

Tips: Gunakan speaker atau headset.(MI/*)

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: