Tips Hindari Teman yang Bikin Miskin

TEMAN memang menjadi tempat berpegang jika Anda sewaktu-waktu tertimpa kesulitan. Tapi, bagaimana jika orang terdekat itu justru membuat Anda terjerumus dalam kesulitan finansial?

Setiap orang memiliki situasi keuangan yang berbeda-beda. Yang menjadi masalah adalah jika Anda terpaksa merogoh kocek lebih dalam, demi menyamai gaya hidup mewah yang dijalani sang teman.

Sudah menjadi insting alami manusia untuk menyesuaikan diri dengan kelompoknya. Sebuah penelitian yang dilakukan Profesor Nicholas Christakis dari Harvard University menunjukkan, teman dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, mulai dari seberapa sering dia merokok sampai berapa berat badannya.

Ketika menyangkut masalah uang, penelitian menunjukkan hal serupa. Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang boros, maka Anda juga cenderung ikut-ikutan boros. Nah, berikut ini adalah sejumlah trik untuk melawan tekanan sosial tersebut dan mencegah Anda menghambur-hamburkan uang:

1. Hindari situasi dilematis
Jika Anda khawatir makan malam bersama teman atau perayaan ulang tahun di restoran bisa menguras budget, katakan saja tidak. Ungkapkan saja penyesalan dan undang teman untuk bersantap atau menginap di kediaman Anda setelahnya. Tidak ada yang bisa mengalahkan serunya acara menginap, yang dilengkapi dengan menonton DVD dan mengunyah popcorn.

2. Berpikir bijaksana
Ada beberapa hal yang tidak bisa Anda beli karena memang tidak mampu untuk membelinya, seperti mobil baru atau liburan ke luar negeri. Nah, hal tersebut bukan sesuatu yang memalukan. Anda tidak perlu berusaha membuktikan diri jika memang tidak bisa memenuhi gaya hidup yang jauh di luar kemampuan.

3. Teman hemat
Jika memiliki seorang teman yang terbukti pandai berhemat, rekrut dia sebagai penasihat keuangan tidak resmi Anda. Lain kali Anda pergi berbelanja, minta dia menemani dan memperingatkan Anda jika tergoda membeli sesuatu di luar daftar kebutuhan. Namun, bukan berarti Anda harus 100 persen menjauhi teman yang boros. Anda hanya perlu menghindari pergi berbelanja dengannya.

4. Bersyukur
Ada banyak orang kurang beruntung yang harus berjuang mengatasi masalah finansialnya. Sudah selayaknya Anda melihat ke bawah dan bersyukur atas nikmat yang masih diberikan kepada Anda, serta memberikan bantuan apa saja yang mungkin bisa Anda berikan. (MI/ICH)

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: