10 Makanan Terbaik untuk Jantung

MAKANAN yang Anda konsumsi turut memengaruhi kesehatan jantung. Untuk menjaga kesehatan organ tubuh vital satu ini, berikut beberapa makanan yang bisa Anda padukan ke dalam diet sehari-hari.

Oatmeal
Mulailah hari Anda dengan semangkuk oat panas. Makanan ini kaya asam lemak omega-3, folat dan kalium. Selain itu, makanan kaya serat ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah pembentukan plak di dinding arteri.

Salmon
Ikan yang kaya asam lemak omega-3 ini efektif menurunkan tekanan darah dan mencegah pengentalan darah. Cobalah mengonsumsi dua takar salmon per minggu. Cara ini bisa mengurangi risiko meninggal akibat serangan jantung hingga 33 persen.

“Salmon mengandung karotenoid astaxanthin, yang merupakan sebuah antioksidan kuat,” tutur kardiolog Stephen T. Sinatra, MD, penulis Lower Your Blood Pressure In Eight Weeks, seperti dikutip situs health.com.

Avokat
Cobalah mengonsumsi avokat untuk menambah lemak sehat ke dalam diet Anda. Makanan yang kaya lemak tunggal tidak jenuh ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dalam tubuh.

“Avokat sangat baik. Makanan ini memungkinkan penyerapan karotenoid lain, khususnya betakaroten dan lycopene, yang sangat penting untuk kesehatan jantung,” terang Sinatra.

Minyak zaitun
Minyak zaitun kaya akan lemak tunggal tidak jenuh. Minyak sehat ini membantu menuruunkan kadar kolesterol jahat LDL dan menurunkan risiko Anda menderita penyakit jantung. Karena itu, cobalah mengganti mentega dengan minyak satu ini.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, seperti kenari dan almond kaya akan asam lemak omega-3 dan lemak ganda tidak jenuh. Selain itu, terang Sinatra, kacang juga menambah asupan serat ke dalam diet.”Dan sama seperti minyak zaitun, kacang merupakan sumber lemak sehat.”

Berries
Blueberries, raspberries, stroberi serta jenis berries lainnya kaya akan antiperadangan. Komponen antiperadangan dalam buah ini berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Kacang polong
Cobalah menambah asupan kacang polong, seperti kacang merah dan kacang hitam. Jenis kacang ini kaya akan asam lemak omega-3, kalsium dan serat larut.

Bayam
Bayam kaya akan berbagai komponen sehat seperti lutein, folat, kalium dan serat. Menambah asupan sayuran hijau ini bisa membantu memperbaiki kesehatan jantung. Sebuah studi menemukan, orang-orang yang makan paling tidak 2,5 takar bayam per hari mengalami penurunan risiko penyakit jantung sebanyak 25 persen.

Biji rami
Biji rami kaya akan serat dan asam lemak omega-6. Mengonsumsi biji rami dipadukan dengan oatmeal bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Kedelai
Kacang kedelai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol karena rendah lemak jenuh. Makanan satu ini merupakan pilihan sumber protein yang tepat untuk jantung sehat. (IK/OL-06)

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: