Lima Alternatif Olahraga Air Rendah Risiko

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga air lebih aman dan nyaman untuk perempuan hamil, orang-orang yang kelebihan berat badan, penderita radang sendi, sakit punggung atau otot serta penderita masalah persendian. Pasalnya, sebagian berat badan didukung oleh air dan gerakan menhadi lebih lambat. Itu tentu mengurangi risiko cedera.

Jika Anda mulai bosan dengan renang, cobalah gerakan olahraga air lainnya atau padukan gerakan tersebut dengan renang. Gerakan apa saja yang bisa dilakukan di air? Berikut pilihannya untuk Anda:

Kencangkan lengan
Berdirilah dengan kedua kaki dilebarkan, kedua tangan diluruskan ke depan sambil memegang bola. Selanjutnya, dorong bola ke dalam air dan putar bola di dalam air hingga membentuk angka delapan. Rasakan tegangan berbeda-beda pada lengan dan bagian atas tubuh. Cobalah untuk mempertahankan keseimbangan dan ulangi gerakan hingga 10 kali.

Jalan dalam air
Untuk memulai, berdirilah tegak dengan tarikan napas datar. Kemudian cobalah berjalan seolah-olah sedang mengikuti acara baris-berbaris. Panjangkan lengan dan kaki sejauh yang Anda bisa. Resistensi yang diciptakan air akan memperlambat gerakan Anda. Regangkan kaki Anda sepenuhnya, arahkan jari-jari kaki dan tarik lengan dengan kuat ke depan dan ke belakang. Mulailah dengan dua menit atau hingga Anda sedikit terengah-engah.

Jumping jacks
Olahraga ini sangat dipengaruhi oleh tingkat kebugaran Anda. Jadi, jika Anda masih pemula, jangan kecewa dengan hasilnya. Mulailah dengan telapak kaki datar di dasar kolam dan kedua lengan rileks di kedua sisi tubuh. Tekuk lutut dan melompatlah  dari kolam setinggi yang Anda bisa. Saat melompat, tendangkan kaki ke kedua sisi tubuh dengan jari kaki mengarah ke bawah dan ayunkan tangan keluar dan bawa ke atas kepala. Mendaratlah dengan kedua lutut ditekuk dan telapak kaki terpisah. Sekali lagi, melompatlah setinggi yang Anda bisa diikuti dengan kaki dan lengan. Ulangi sebanyak 10 kali.

Peregangan ke samping
Cobaah berdiri menyamping ke dinding kolam sambil memegang ujung kolam dengan lengan yang direntangkan sepenuhnya, dan kedua telapak kaki datar di lantai kolam. Tarik napas saat Anda merentangkan bagian luar lengan di atas kepala. Hembuskan napas  ketika pinggul Anda menjauh dari sisi kolam. Lakukan 10 kali ke masing-masing sisi tubuh.

Waist trimmer
Dengan punggung menempel ke dinding kolam, rentangkan lengan ke sepanjang sisi kolam sebagai pendukung. Kemudian tarik lutut ke dada Anda. Selanjutnya luruskan kedua kaki ke depan. Tarik napas, ayunkan kaki ke kiri, ke kanan dan kembali ke tengah.  Saat menghembuskan napas, gerakkan kaki ke depan dan tarik dada. Ulangi sebanyak 10 kali. Sepanjang melakukan gerakan, jaga agar punggung tetap bersandar ke dinding kola. (MI/IKA)

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: