Alasan Buruk Untuk Memutuskan Menikah

Jakarta – Menikah adalah sebuah bentuk komitmen seumur hidup. Kadang sebuah pernikahan tak berjalan sebagaimana mestinya, karena diawali dengan niat yang salah.

Menikah pasti didasari suatu alasan. Alasan tadi akan mempengaruhi jalannya pernikahan Anda kelak. Berikut beberapa hal yang seharusnya tak dijadikan alasan untuk menikah.

Menikah Karena Uang
Menikahi seseorang hanya karena ia bisa memberikan kehidupan berlimpah uang adalah alasan yang buruk. Jika pasangan Anda sampai tahu, ini bisa saja menyakiti perasaannya. Materi memang penting, namun jika uang adalah dasar mengapa Anda menikahi seseorang, akan membuat pondasi pernikahan itu tak kuat. Alhasil pernikahan itu bisa kandas kapan saja.

Dikejar Target
Setiap orang pasti punya target. Namun apakah kapan kita akan menikah juga harus benar-benar memenuhi target? Bagaimana jika akhirnya Anda bertemu seseorang yang sama sekali tidak cocok dengan Anda di akhir target itu, apakah Anda akan nekat menikahinya? Atau mungkin saja di akhir target Anda, justru kesiapan menjadi istri belum ada. Memasang target boleh saja. Namun sebaiknya sesuaikan juga target tersebut dengan apa yang Anda rasakan sesungguhnya.

Ingin Tinggalkan Rumah Orang Tua

Menikah bukanlah ajang untuk melarikan diri. Seburuk apapun hubungan Anda dengan orang tua, menikah tak akan pernah jadi jalan keluar. Menikah dengan menyelesaikan konflik dengan orang tua adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Jangan justru menambah masalah baru dengan menikahi orang yang salah.

Orang Tua Menyukai Calon Suami Anda
Saat menikah nanti, Anda dan pasangan yang akan menjalankannya, bukan keluarga atau kerabat Anda. Menggunakan saran orang tua sebagai masukkan bukanlah hal yang salah. Namun Andalah yang paling tahu siapakah pasangan hidup yang paling ideal.

Menginginkan Anak
Salah satu tujuan menikah adalah mendapatkan keturunan. Namun jika keinginan itu menjadi tujuan utama pernikahan, tanpa mempedulikan siapa pasangan Anda kelak, hal itu tentu tak baik. Bayangkan jika Anda tak terlalu mengenal bapak dari anak yang telah dikandung, hal itu akan berakibat buruk bagi kehidupan rumah tangga juga pertumbuhan si kecil.

Menikahi Selingkuhan
Selingkuh mungkin saja indah. Tapi menikahi selingkuhan Anda belum tentu. Hubungan yang diawali dengan jalan yang salah akan berakhir tak begitu baik pula. Ini tak akan jadi landasan yang kuat, karena seseorang yang mau berselingkuh dengan Anda biasanya tak akan punya beban untuk menyelingkuhi Anda.

Butuh Ayah/Ibu Untuk Anak Anda

Jika Anda menemukan orang yang tepat, selamat. Namun jika tidak, jangan lakukan hal ini. Akan jadi lebih buruk jika anak Anda punya ayah atau ibu tiri yang mengerikan. Daripada begitu, lebih baik ia punya orang tua tunggal yang sangat menyayangi dan memperhatikannya.

Ajang Pembuktian Diri
Menikah bukan prestasi. Jika memang teman dekat Anda sudah melepas masa lajang, bukan berarti hal itu menjadi beban bagi Anda. Tetaplah menikmati hidup, dan suatu saat, orang yang tepat akan datang.

(kee/fer)

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: