Tas Belanja Ramah Lingkungan Bisa Jadi Bencana

Jakarta, Menggunakan tas belanja ramah lingkungan untuk menggantikan tas plastik sangat dianjurkan karena bisa dipakai ulang sehingga mengurangi sampah plastik. Namun jika tidak sering dicuci, tas tersebut juga ‘ramah’ untuk ditumbuhi bakteri jahat.

Belakangan, penggunaan tas dari bahan goni atau anyaman polypropylene ini sering dikampanyekan untuk menyelamatkan lingkungan. Namun kesadaran untuk menggunakannya sering tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang risiko kesehatan yang bisa ditimbulkan.

Penelitian di University of Arizona menunjukkan, 50 persen tas belanja semacam itu ditumbuhi bakteri Escherichia coli. Jenis bakteri berbahaya, yang pernah menewaskan 26 orang di Skotlandia dalam wabah keracunan terburuk di dunia tahun 1996.

Apabila pertumbuhannya cukup tinggi, bakteri tersebut bisa menyebabkan ancaman serius dan bahkan kematian. Kelompok yang paling rentan terhadap serangan bakteri tersebut antara lain adalah anak-anak.

Secara alami, bakteri E. coli ditemukan dalam usus manusia dan binatang. Ketika keluar bersama feses atau tinja, bakteri ini bisa hidup dan menyebar ke lingkungan yang tidak bersih.

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, peneliti menyarankan untuk secara teratur mencuci tas belanjanya. Pencucian dengan temperatur tinggi akan lebih efektif membunuh bakteri semacam E. coli.

“Konsumen jarang menyadari risikonya, sehingga harus diimbau untuk mencucinya paling tidak seminggu sekali,” ungkap Prof Charles Gerba yang memimpin penelitian, dikutip dari Telegraph, Kamis (1/7/2010).

Kekhawatiran Prof Gerba cukup beralasan. Dalam penelitiannya terungkap, 97 persen pengguna tas belanja ramah lingkungan tidak pernah mencuci atau mengelantangnya.
(up/ir)

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: