Kenali Ciri-Ciri Daging Halal

Jakarta – Kasus penjualan daging celeng beberapa waktu lalu merupakan pelajaran penting bagi konsumen muslim. Dengan kejadian tersebut diharapkan konsumen lebih mengenal ciri-ciri daging agar tidak mudah tertipu. Karena itu yuk kita belajar memilih dan membedakan asal daging!

Dibandingkan dengan pangan nabati, daging merupakan sumber protein yang lebih baik karena mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap dan seimbang. Selain itu daging juga merupakan sumber lemak, vitamin, dan mineral. Setiap 100gram daging rata-rata dapat memenuhi sebesar 10% kalori, 50% protein, 35% zat besi, dan 25-60% vitamin B kompleks dari kebutuhan gizi orang dewasa per hari. Tak heran kalau daging begitu digemari oleh masyarakat disamping rasanya yang juga lezat.

Namun konsumen biasanya terjebak dalam membedakan jenis-jenis daging hewan ternak besar karena memiliki penampakan yang mirip. Sedangkan hewan ternak kecil (unggas) lebih mudah dibedakan karena jenis dagingnya yang sangat berbeda dengan hewan ternak besar.

Berikut beberapa ciri-ciri daging hewan ternak besar yang perlu Anda ketahui sehingga dapat membedakannya saat membeli:

Daging Sapi: Biasanya daging sapi yang baik berwarna merah terang, seratnya halus dan lemaknya berwarna kekuningan. Daging yang kaku dan berwarna gelap menunjukkan bahwa penyembelihan dilakukan pada kondisi tidak tepat, misalnya hewan dalam keadaan stress atau kehabisan tenaga. Sedangkan sapi berwarna cokelat menandakan bahwa daging sapi tersebut sudah terkena udara terlalu lama.

Daging Kerbau: Daging kerbau yang baik berwarna merah tua, seratnya lebih kasar dibandingkan dengan daging sapi. Sedangkan lemaknya berwarna kuning dan keras. Umumnya tekstur daging kerbau lebih liat dari daging ternak lainnya karena disembelih pada umur tua.

Daging Kambing: Daging ini memiliki warna lebih gelap dibandingkan dengan daging sapi plus serat halus dan lembut. Lemaknya keras dan kenyal berwarna putih kekuningan. Daging kambing mudah dikenali karena bau BB-nya yang khas dan cukup keras.

Daging Babi: Biasanya daging babi memiliki ciri warna merah pucat dengan serat yang halus. Lemaknya berwarna putih jernih, teksturnya lunak, dan mudah mencair pada suhu ruang. Sedangkan daging babi hutan atau celeng, memiliki tekstur lebih kasar dan warna lebih gelap, sehingga sepintas lalu daging celeng mirip dengan daging sapi. Namun celeng memiliki aroma bau khas babi yang kuat sehingga dapat diidentifikasi konsumen lewat aromanya.

(Sumber LPPOM MUI)

( dev / Odi )

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: