Agar si Kecil Tak Cemburu dengan Adik Baru

Jakarta, Menyiapkan si kecil yang usianya kurang dari 18 bulan untuk menerima kehadiran adik baru kadang agak sulit. Berbeda dengan balita yang berusia lebih dari 2 tahun yang bisa diberi pengertian mengenai kehadiran adik baru selama masa kehamilan.

Untuk mengatasi kecemburuan balita terhadap adik baru hal cobalah buat rencana praktis untuk si bayi sejak jauh-jauh hari, sehingga anak Anda terbiasa dengan perubahan ketika adik bayi mereka lahir.

Persaingan antar saudara, atau yang lebih dikenal sebagai sibling rivalry merupakan masalah yang biasa terjadi, khususnya diantara anak-anak yang berdekatan usia dan berjenis kelamin sama.

Kehadiran saudara baru bisa membuat anak-anak merasa terancam dan cemburu. Perhatian orangtua yang semula diberikan hanya untuk dirinya, kini dibagi dengan yang lain.

Seperti dilansir dari Better Health Channel, Rabu (30/6/2010), berikut tips yang dapat dilakukan untuk menyiapkan si kecil menerima adik baru:

1. Jika balita Anda masih menggunakan ranjang bayi, pertimbangkan untuk memindahkan mereka ke ranjang secepat mungkin.

Jika Anda menunggu hingga bayi lahir, anak balita Anda akan merasa tersinggung dan marah pada si adik bayi karena telah ‘mencuri’ ranjang bayinya.

2. Tak ada alasan untuk menghentikan ASI pada si kecil jika masih minum ASI. Walaupun begitu, penting untuk memberikan ASI padi si bayi baru terlebih dahulu.

3. Jika Anda akan meninggalkan rumah bersalin atau merekrut babysitter, cobalah untuk memulai rencana ini beberapa minggu sebelumnya. Hal ini memberikan kesempatan pada si kecil untuk menyesuaikan diri.

4. Pastikan si kecil memiliki kegiatan familiar di luar rumah, misalnya pertimbangkan untuk memasukkan mereka ke playgroup atau kegiatan-kegiatan sejenisnya.

5. Libatkan si kecil sebelum kelahiran adik barunya. Misalnya, bicarakan tentang nama untuk si bayi, tunjukkan foto-foto mereka ketika baru lahir dan jelaskan kalau si bayi memerlukan banyak bantuan.

Jika si Kecil Cemburu

Si kecil mungkin marah pada si bayi baru karena mengambil banyak waktu Anda dan tak cukup banyak bermain dengannya. Jika ada kesempatan, beberapa balita bahkan menjadi kasar dengan adik barunya.

Tips untuk mencegah si kecil cemburu adalah:

  1. Beri pujian secara lembut untuk perilaku antara si kecil dan si adik bayi.
  2. Jelaskan secara pasti pada si kecil bahwa semua anggota keluarga perlu berlemah lembut pada si bayi.
  3. Tunjukkan pada si kecil bagaimana Anda ingin mereka berperilaku.
  4. Terima kenyataan bahwa si kecil mungkin mengalami kemunduran perilaku sebagai usaha mencari perhatian lebih. Beri pujian lebih pada perilaku yang semestinya akan membantu hilangnya kemunduran perilaku ini seiring waktu.
  5. Tawarkan beberapa hadiah dan jalan-jalan ke luar, sehingga si kecil menyadari ada beberapa keuntungan menjadi seorang kakak.

(ir/ir)

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: