Tujuh Langkah Instan Perbaiki Kesehatan

MENJAGA kesehatan tidak harus rumit. Gerakan dan aktivitas sederhana, seperti tertawa misalnya, bisa membantu Anda menjaga dan memperbaiki kesehatan. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kesehatan.

Tertawa: Tingkatkan aliran darah sebanyak 21 persen
Tawa bagus untuk jantung. Sebuah studi dari University of Texas menemukan, mereka yang tertawa kecil saat menonton film komedi mengalami pelebaran pembuluh darah sebanyak 20 persen hingga 24 jam. Sedang saat menyaksikan film dokumenter serius, pembuluh arteri justru menyempit hingga 18 persen. Penyempitan pembuluh darah bisa memicu tekanan darah tinggi.
“Saat gembira, tubuh melepaskan zat kimia yang membuat Anda merasa nyaman sekaligus mempunyai sejumlah efek menyenangkan terhadap tubuh,” terang David Katz MD direktur Prevention Research Center di Yale University School of Medicine, seperti dikutip situs prevention.com.

Gosok gigi dan flossing: Kurangi risiko kanker kepala dan leher hingga 400 persen
Merawat gigi tidak hanya membantu Anda mendapatkan gigi putih cemerlang. Sebuah studi dari Roswell Park Cancer Institute di Buffalo, New York, menunjukkan, orang-orang dengan penyakit gusi kronis berisiko empat kali lipat mengalami satu tipe kanker kepala dan leher. Risiko ini meningkat bahkan di antara pasien yang tidak pernah menggunakan tembakau. Penyakit gusi muncul saat bakteri-bakteri yang hidup dalam plak menginfeksi gusi. Karena itu, pastikan selalu menggosok gigi dan flossing teratur untuk mencegah penimbunan plak.

Minum teh: Kurangi risiko stroke hingga 21 persen
Menurut sebuah studi dari UCLA School of Medicine, minum teh bisa melindungi Anda dari stroke. Peneliti memeriksa data dari sembilan studi yang mempelajari 4.400 stroke di antara 195.000 orang. Peneliti menemukan, mereka yang minum paling tidak tiga cangkir teh sehari berisiko 20 persen lebih kecil mengalami stroke dibandingkan mereka yang minum kurang dari secangkir sehari. Jenis teh yang dikonsumsi bisa disesuaikan dengan pilihan Anda, teh hijau atau teh hitam. Keduanya terbuat dari tanaman yang sama, Camellia sinensis, yang mengandung antioksidan kuat EGCG (epigallocatechin gallate) dan asam amino theanine yang melindungi pembuluh darah dan arteri.

Tuliskan ucapan terima kasih: Anda akan merasa 20 persen lebih bahagia
Pelajar yang menulis surat ungkapan terima kasih kepada seseorang yang spesial, menurut temuan peneliti dari Kent State University, lebih gembira dan lebih puas dengan kehidupan mereka. Penelitian lain telah menemukan bahwa tulisan ekspresif bisa meningkatkan kekebalan tubuh, paru-paru, dan fungsi hati, menurunkan tekanan darah dan membuat Anda merasa lebih sejahtera. Akan tetapi, menurut peneliti, tulisan tersebut harus berisi penghargaan terbesar dari hati.
Sembunyikan remot TV: Kurangi dua inci lemak perut

Cobalah menukar stasiun TV secara manual
Sebuah studi dari Australia menemukan, orang-orang yang paling banyak melakukan aktivitas ringan selama bermalas-malasan (seperti menonton TV), memiliki ukuran lingkar pinggang 16 persen lebih ramping dibandingkan orang-orang yang hanya diam saja. Bahkan aktivitas sederhana seperti bangun dan berjalan ke sekitar selama satu menit cukup untuk membuat perbedaan, terlepas ddari apakah partisipan mempunyai jadwal olahraga teratur.

Genggam tangan pasangan Anda: Kurangi stres hingga 200 persen
Pelukan singkat atau memegang tangan pasangan selama beberapa menit, menurut sebuah studi yang dilaporkan di American Psychosomatic Society, bisa mengurangi stres.

Yoga: Redakan sakit punggung hingga 56 persen
Sebuah studi dari West Virginia University menemukan, yoga secara signifikan mengurangi rasa sakit punggung bawah. Peneliti meminta 45 pasien sakit punggung ringan hingga sedang untuk melakukan yoga berdurasi 90 menit dua kali seminggu selama enam bulan. Dibandingkan dengan pasien yang hanya melanjutkan terapi mereka sebelumnya, partisipan yang melakukan yoga melaporkan pengurangan rasa sakit, perbaikan fungsi dan lebih sedikit gejala-gejala depresi (berkurang hingga hampir 60 persen). Mereka bahkan tetap merasakan hasilnya hingga enam bulan ke depan.

Sumber:http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/06/13/2716/4/Tujuh-Langkah-Instan-Perbaiki-Kesehatan-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: