Enam Langkah Alami Redakan Sakit Punggung

PERNAH mengalami sakit punggung? Jika pernah, Anda tidak sendirian. Sekitar delapan dari 10 orang pernah mengalami sakit punggung secara tiba-tiba atau berkepanjangan dalam kehidupan mereka. Kabar baiknya, Anda bisa meredakan gangguan ini dengan beragam cara. Berikut beberapa di antaranya:

Terapi fisik

Jenis terapi fisik yang tepat seringkali bisa menghentikan sakit punggung kronis.

“Saat mengunjungi terapis fisik, mereka bisa melakukan beberapa hal,” terang Sam Moon, MD, MPH, dari Duke Integrative Medicine.”Mereka bisa menggunakan mesin atau traction, meminta Anda menjalani latihan peregangan, atau menggunakan teknik tangan.”

Menurut Moon, tipe terapi fisik yang paling membantu untuk sakit punggung kronis adalah teknik tangan dalam menggerakkan jaringan lunak di punggung. Selain itu, teknik berikutnya yang juga efektif adalah latihan postur dan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah.

Chiropractic/manipulasi tulang belakang

Para pakar chiropractic, meredakan sakit dengan menggunakan tangan atau perangkat lainnya untuk memanipulasi persendian tubuh. Studi-studi menunjukkan bahwa chiropractic efektif meradakan sakit punggung akut dan kronis.

“Chiroprarctic secara umum sama efektifnya dengan terapi fisik dan edukasi pasien dalam meredakan sakit punggung,” terang Moon.”Dan sama seperti terapis fisik, chiropractor juga bisa menjadi pendidik yang baik di bidang kesehatan punggung.”

Sama seperti terapi fisik, dalam perawatan ini, Anda juga diajarkan teknik-teknik untuk menguatkan punggung yang bisa dilakukan di rumah.

Akupunktur

Sistem pengobatan tradisional China ini diyakini bekerja menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh. Menurut Moon, teknik ini aman dan cocok dianjurkan kepada pasien penderita sakit punggung.”Ada bukti yang menunjukkan bahwa teknik ini efektif,” terang Moon, seperti dikutip situs webmd.com.

Terapi pijat

Beberapa tipe pijat bisa membantu meredakan sakit punggung.”Menurut saya, ada cukup bukti yang menganjurkan penggunaan pijat dalam mengatasi sakit punggung bawah,” terang Moon. Terapi pijat, menurut Moon, sebaiknya dipadukan dengan pengobatan lainnya.

Mind-body therapy

Teknik-teknik yang bisa Anda coba adalah pencitraan terarah (guided imagery), hipnosis, biofeedback, terapi relaksasi dan terapi bicara.

Menurut Moon, sulit menentukan tipe terapi yang paling efektif. Tapi secara umum, terang dia, penelitian sudah menunjukkan bahwa tipe-tipe terapi ini efektif mengatasi sakit punggung.”Untuk sakit punggung berkepanjangan, saya hampir selalu menganjurkan beberapa tipe mind-body therapy,” tutur Moon.

Gerakan secara sadar (mindful movement)

Terapi ini termasuk yoga dan tai chi, yang bisa Anda temukan di banyak gym. Posisi dan tipe gerakan yang digunakan dinyatakan bisa membantu meredakan sakit punggung Anda. (IK/OL-5)

sumber: http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/05/05/2619/11/_Enam_Langkah_Alami_Redakan_Sakit_Punggung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: