Nyeri Haid Hilang dengan Pil Dalam Botol Air Panas

detikcom – California, Rasa nyeri saat menstruasi terkadang bisa menghambat aktivitas seorang perempuan. Kini sebuah obat tengah dirancang oleh para peneliti untuk membebaskan perempuan dari rasa nyeri saat menstruasi.

Rasa sakit menstruasi biasanya disebabkan adanya kontraksi rahim. Nah para ahli merancang pil yang terdapat di dalam botol air panas untuk menangani penyebab kram yang dirasakan hampir 90 persen perempuan setiap bulannya.

Pil yang terdapat di dalam botol air panas ini berfungsi untuk mengurangi kadar vasopressin, yaitu suatu hormon yang dapat mengendalikan gerakan dari otot-otot rahim. Namun peneliti belum mau membeberkan apa nama dari pil ini.

Obat ini dapat digunakan menjelang menstruasi untuk mencegah rasa sakit atau saat menstruasi untuk mengurangi rasa sakit.

Studi pendahuluan telah dilakukan pada sekelompok perempuan yang menunjukkan pengurangan rasa sakit. Obat ini juga tergolong aman dan tanpa efek samping. Hasil penemuan ini diungkapkan dalam konferensi American Chemical Society di California.

Selama ini perawatan yang ada hanya sebatas pada obat analgesik atau menggunakan pil kontrasepsi dan menggunakan botol air panas untuk relaksasi otot. Namun beberapa obat ini tidak bisa mengatasi semua kondisi yang ada.

“Kami berharap obat ini dapat memberikan pengobatan yang lebih efektif bagi jutaan perempuan di seluruh dunia, karena dysmenorrhea adalah suatu kondisi yang bisa mengurangi kualitas hidup kaum perempuan,” ujar ilmuwan Andrzej Batt, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (24/3/2010).

Sekitar 45-90 persen perempuan di usia subur mengalami rasa sakit saat menstruasi atau dysmenorrhea, kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab tidak masuk sekolah atau absen ke tempat kerja.

Dysmenorrhea dibedakan mmenjadi dysmenorrhea primer dan sekunder tergantung dari riwayat kesehatannya secara menyeluruh. Hal ini terkait dengan karakteristik dari rasa nyeri tersebut serta gejala-gejala apa saja yang biasanya menyertai rasa nyeri.

Dysmenorrhea primer, biasanya ditandai dengan nyeri di pinggul atau perut bagian bawah saat mulai menstruasi dan berlangsung hingga 8-72 jam, sakit di pinggang, sakit kepala, diare, mual dan muntah serta rasa sakit pada bagian anterior paha.

Dysmenorrhea sekunder biasanya ditandai dengan tidak adanya nyeri di masa lalu, infertilitas, perdarahan yang banyak atau tidak teratur saat menstruasi, rasa sakit yang ada tidak dapat dihilangkan dengan obat non-steroid anti-inflammatory (NSAID).

Sumber: http://m.detik.com/read/2010/03/24/103031/1324120/766/nyeri-haid-hilang-dengan-pil-dalam-botol-air-panas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: