Pelihara Kucing Jauhkan Sakit Jantung

PEMILIK kucing sudah lama mengklaim bahwa binatang kesayangan satu ini baik untuk kesehatan. Dan klaim ini dibenarkan oleh studi-studi ilmiah. Pada faktanya, hasilnya sangat dramatis. Studi menunjukkan, orang-orang yang memiliki kucing sebagai binatang kesayangan berisiko 40 persen lebih kecil meninggal akibat serangan jantung dan berisiko 30 persen lebih kecil menderita penyakit jantung.

Apa rahasianya? Menurut peneliti, perbaikan kesehatan jantung dipicu oleh aktivitas duduk dan bercengkerama dengan kucing. Aktivitas ini terbukti bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Selain baik untuk jantung, pemilik kucing juga memiliki angka kejadian kanker lebih rendah. Pemilik kucing, menurut peneliti, lebih banyak terpapar alergen. Karena itu, sistem kekebalan tubuh mereka juga lebih kuat.

Di samping itu, dengkuran kucing juga diyakini mempunyai manfaat postif. Studi-studi percobaan menunjukkan bahwa getaran dari dengkuran kucing bisa menstimulasi pemulihan dan pertumbuhan tulang.

Tidak hanya manfaat fisik, kucing juga bisa menjadi sumber kenyamanan emosional, khususnya untuk orang-orang yang hidup sendiri atau hidup dalam situasi stres. Kucing bisa menemani dan mengurangi perasaan terisolasi dan resah. Dan karena hanya memerlukan sedikit perawatan, kucing sangat cocok untuk orang-orang usia lanjut.

Selain menawarkan kenyamanan pada lansia dan pasien, kucing juga terbukti mepunyai efek positif terhadap orang-orang yang menderita penyakit mental. Menghabiskan waktu dengan kucing bisa membantu orang mempelajari batas-batas, keterampilan sosial dan bahkan komunikasi saat berinteraksi dengan hewan.

Beberapa pasien sakit mental, seperti diuraikan di situs ezinearticles.com, mengaku bahwa kucing bisa memahami kondisi mereka, membuat mereka tidak merasa sendirian dan mengurangi rasa frustasi. Studi-studi telah membukikan bahwa pemilik kucing mempunyai mekanisme pemenahan masalah yang lebih baik dan cenderung patuh terhadap pengobatan mereka.  (MI/ICH)

Sumber: http://www.metrotvnews.com/mobile-site/text-detail.php?read=21455&tgl=2010-06-24

2 Comments »

  1. may12sirikit Said:

    Iah Bnerr..
    Mank Gk Kna Pnyakith JANTUNG Broo..
    Pi Iah Kna ASMA ato SESAK NAFAS bahkan sakith PARU2..
    Yha Kan??
    Hmmm..
    ?.?

  2. ikhwannisaa Said:

    kalau kebersihan kucingnya dijaga ya insya Allah gapapa…

    dulu gw sempet miara 16 kucing dan Alhamdulillah ga ada yang kena masalah paru-paru, asma, sesak nafas dsb…

    paling-paling kadang kalo kucingnya abis main ke tempat kotor bersin-bersin alergi doang…abis dimandiin ya biasa lagi aja…

    makasi buat komen-nya,,, cuma tulisannya ga perlu dipake huruf BeSAr-kEciL lebih enak…😉


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: